wisata alam jumprit temanggungWapitt merupakan singkatan dari Wisata Alam Jumprit Temanggung, destinasi wisata ini mengusung konsep hutan pinus. Terletak di tengah hutan pinus di Dusun Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Walaupun terletak dihutan pinus dan mengusung konsep adventure, namun wana wisata ini cocok untuk segala umur karena terdapat fasilitas obyek yang lengkap. Apa saja fasilitasnya, kita simak yuk :

  1. Kedai kopi / Coffe Shop

Di Temanggung merupakan surganya kopi, terdapat kopi dengan grade juara berjenis arabika dan robusta. DI kedai wapitt ini kita bisa menikmati kopi dengan bermacam seduhan dan aneka makanan dengan suasana yang sejuk dan pemandangan hutan pinus serta gunung Sindoro. Di kedai ini juga dilengkapi dengan panggung music yang setiap weekend akan ada home band  serta ada program wapitt night setiap malam minggu.

  1. Area Outbond

Terdapat area outbond yang diperuntukkan untuk anak – anak dan dewasa, lapangan untuk berkemah, flying fox, serta panahan. Disertai beberapa spot foto yang menarik. Tidak heran, banyak calon pengantin yang memilih melakukan sesi foto prewedding di Wapitt.

  1. Forset Bathing

Bagi anda yang menginginkan untuk menikmati keindahan alam lereng sindoro, kita bisa mengikuti kegiatan forest bathing. Forest bathing merupakan kegiatan berjalan bersama merasakan angin, suara burung, kabut, aroma tanah dan dedaunan di hutan. Sangat cocok bagi warga kota yang ingin melepas penat setelah disibukkan dengan pekerjaan.

  1. Greenhouse

Greenhouse ini berisi beberapa tanaman strawberry, tomat dan sayuran dengan media hidroponik. Sambil ngopi di kedai, kita bisa langsung menuju area greenhouse untuk belajar menanam dengan metode hidroponik.

wapitt temanggungSelain 4 spot fasilitas wisata diatas, diwapitt dilengkapi juga dengan sarana tempat parker yang luas, Aula tertutup untuk pertemuan, gazebo, toilet yang bersih, dan juga mushola untuk tempat ibadah umat muslim.

Tiket masuknya enggak mahal, cukup dengan merogoh kocek Rp. 10.000  serta bayar parkir Rp. 5.000 anda bisa menikmati pesona hutan pinus dan Gunung Sindoro sebagai backgroundnya. Oh iya dusun Jumprit sendiri sebenarnya juga mempunyai tempat wisata lain selain wapitt, yaitu sumber mata air atau umbul Jumprit yang setiap hari raya waisak ada ritual pengambilan air suci oleh umat Budha kemudian dibawa ke Borobudur. Menurut sejarah, nama Jumprit sendiri diambil dari nama seorang ahli nujum Kerajaan Majapahit yang ketika terjadi peralihan kekuasaan oleh Islam, beliau melarikan diri di lereng gunung Sindoro. Seperti yang diceritakan padai Serat Centini jilid 2. Keunikan dari Dusun Jumprit sendiri adalah terdapat banyak monyet liar yang konon adalah pengawal dari Ki Jumprit itu.

Naah pasti penasaran kan, yuuk buruan berwisata ke Jumprit!