id.wikipedia.org

Sejuta Pesona Curug Cikaso di Sukabumi, Info Rute, Tiket dan Liburan di Situs Wisata Air Terjun Jawa Barat – Semakin lama, keinginan untuk liburan dan menjelajah tempat-tempat asri terus meningkat. Ada baiknya di waktu ini Anda merencanakan perjalanan anda dengan info terkini soal wisata agar pengalaman anda makin mengesankan.

Wisata Air Terjun Jawa Barat

Indonesia memang terkenal dengan keberagaman-nya. Hal ini juga terlihat di perbedaan jenis tempat wisata yang sangat indah. Di Jawa Barat, Anda akan menemukan paparan perhutanan serta banyak wisata alam yang masih natural dan tak banyak diubah oleh manusia.

Salah satu atraksi turisme Jawa Barat adalah Curug CIkaso, Sukabumi.Sebelumnya perlu diketahui bahwa Curug adalah Bahasa daerah (Sunda) yang berarti air terjun. Memang, wisata ini memiliki atraksi utama air terjun.

Secara geografis, dilihat di peta tempat ini terletak di dalam lingkup wisata Ujung Genteng. Disini terdapat sungai yang bermula dari Sukabumi Utara terus mengalir ke Selatan. Warga lokal Sukabumi hidup di sekitar sungai ini dan cukup familiar dengan alirannya yang panjang.

Rute Perjalanan

Perjalanan menuju Curug CIkaso, Sukabumi, bisa dimulai dari kota Surade yang berjarak 8Km. Rute lain juga bisa melewati kota lain Palabuhanratu walau lebih jauh (70Km). Selain itu kita juga bisa melewati Kota Sukabumi sendiri meski cukup jauh pula (110Km).

Sepanjang perjalanan, Anda akan mengalami asri dan indahnya bumi Parahyangan. Pemandangan hutan dan sawah yang membentang memberi kesan alami. Tentu anda tidak perlu khawatir karena di jalan aka nada warung makanan dan SPBU.

Meski begitu, sebelum anda mengarungi jalan menuju Curug Cikaso, Sukabumi, kami sangat menyarankan anda untuk memastikan kendaraan anda ada di dalam kondisi prima karena jalan pedesaan cukup berlubang dan banyak medan berat serta tikungan tajam.

Pesona Alam yang Mengesankan

Situs air terjun ini merupakan situs alami yang penting. Oleh karena itu, Pemerintah lokal mengatur langsung wisata dan turis. Pejalan kaki perlu menyiapkan tiket yang cukup murah sebesar IDR 3000 – 5000 untuk masuk ke kawasan air terjun. Belum termasuk biaya parkir.

Setelah masuk, sebelum mencapai situs utama Curug Cikaso, Sukabumi, anda harus berjalan kaki sekitar kurang dari 500m. Disini anda dapat menyaksikan pemandangan sawah dan aktivitas pedesaan lokal. Bila anda letih atau mau mencoba hal berbeda, terdapat transportasi air berupa perahu kecil/sampan dengan biaya IDR 10.000/penumpang atau IDR 60.000 – IDR 120.000 untuk sewa.

Bila anda berjalan kaki, trek yang dilalui untuk mencapai situs utama tidak membutuhkan keahlian khusus. Hanya anda tetap harus berhati-hati dan mendengarkan arahan warga lokal serta tidak memotong jalur.

Panorama Curug Cikaso, Sukabumi sangat cocok untuk fotografi alam yang masih asli dan asri. Keindahan alam-nya cukup khas Sunda dan formasi bebatuan serta hutan di sekitarnya merupakan latar belakang atau obyek yang unik untuk difoto.

Sayangnya, tidak ada kegiatan arung jeram di lokasi ini. Padahal di beberapa daerah dan curug lain sudah ada. Kemungkinan besar karena arus dan topografi yang belum memungkinkan.

Terdapat 3 air terjun di situs Curug CIkaso, Sukabumi. Air Terjun Asepan, Lalu Air Terjun Meong, dan terakhir Curug Aki. Air dari ketiganya membentuk kolam. Disana turis dapat berenang, namun waspadalah karena kedalamannya yang sampai 15m.

Itulah Curug Cikaso, Sukabumi. Kami sangat merekomendasikan situs ini bagi para fotografer, pegiat travelling, maupun para pecinta alam atau yang sekedar ingin liburan ke tempat alami. Disini anda dapat mengalami indahnya Sunda yang masih otentik. Tempat ini harus ada di daftar kunjungan anda berikutnya!