Sego Koyor, Purworejo Kuliner Ikonik Kota Purworejo

Purworejo merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam kuliner unik, mulai dari makanan berat, minuman dan beragam camilan. Salah satu makanan khas yang cukup populer dari daerah Purworejo yaitu sego koyor, purworejo. Kuliner yang populer dan banyak diminati masyarakat Purworejo ini mungkin masih asing di telinga kebanyakan orang. Lantas, apakah sebenarnya sego koyor itu?

Koyor sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut urat sapi. Koyor ini memiliki rasa yang lebih gurih dan kenyal dan berbeda dibanding dengan lemak (gajih) dan jeroan sapi. Bahan inilah yang menjadi makanan satu ini menjadi unik dan khas dan bercita rasa mantap.

Apa Sih Sego Koyor, Purworejo Itu?

Mengenal Sego Koyor, Purworejo

Sego koyor, purworejo memang salah satu makanan unik yang patut dijajal ketika berkunjung ke derah Purworejo, Jawa Tengah. Panganan yang berbahan utama dari koyor atau urat sapi ini memiliki rasa yang gurih, manis, dan tentunya sangat mantap. Tekstur koyor yang kenyal juga memberikan kenikmatan tersendiri ketika menyantap makanan ini.

Sego koyor berisi nasi putih yang disiram dengan kuah santan berbumbu rempah-rempah yang dicampur dengan koyor sapi. Sego koyor biasanya disajikan dengan alas daun pisang dan disajikan saat masih hangat. Makanan pelengkap untuk menikmati sego koyor biasanya adalah gorengan, ayam suwir, atau kepala ayam tergantung dari selera masing-masing orang dan menu yang disediakan.

Sego koyor, purworejo cocok dimakan kapan saja baik ketika sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Namun, biasanya penjual sego koyor ini hanya buka saat tengah malam saja. Itupun langsung ludes hanya dalam beberapa saat saja. Bahkan saat penjualnya belum buka pun sudah banyak yang mengantri untuk membeli sego koyor ini. Antrian yang panjang memang bukan tanpa sebab, mengingat biasanya sego koyor yang dijual hanya dalam edisi terbatas saja.

Salah satu penjual sego koyor yang cukup melegenda adalah Sego Koyor Pak Supri. Sego Koyor Pak Supri telah ada sejak 20 tahun silam. Pak Supri biasanya menggelar dagangan di daerah bekas pasar Baledono. Uniknya, sego koyor ini hanya buka pada tengah malam yaitu sekitar pukul 23.30. Awalnya, Sego Koyor Pak Supri ini buka sekitar pukul 3 pagi. Namun, karena permintaan dari para pelanggannya, maka jam bukanya berubah menjadi tengah malam.

Jangan kaget jika melihat pelanggan yang mengantri untuk membeli sego koyor, purworejo dari Pak Supri ini. Antriannya bisa sangat panjang dan langsung ludes hanya dalam waktu 30 menit saja. Para pembeli yang tidak kebagian juga harus berlapang dada dan kembali keesokan harinya untuk dapat menikmati sego koyor yang nikmat dan terbatas ini. Memang, Pak Supri biasanya hanya menakar untuk menjual 150 porsi saja.

Resep sego koyor, purworejo merupakan resep turun temurun dari generasi ke generasi sehingga memiliki cita rasa yang khas. Jika berkunjung ke daerah Purworejo, jangan lupa untuk menjajal kuliner lezat yang satu ini ya.