Roti Ganjel Rel, Purworejo Makanan Khas Dengan Nama Nyentrik

Roti ganjel rel, purworejo mendengar namanya saja pasti membuat kalian bertanya-tanya sebenarnya makanan apakah ini? Kata “ganjel rel” yang dalam bahasa Indonesia berarti “bantalan rel” yang membuat nama panganan satu ini menjadi begitu nyentrik di telinga.

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Konon, makanan ini merupakan salah satu peninggalan Belanda yang pernah menjajah Indonesia. Oleh karenanya sering disebut juga dengan nama “roti gambang” oleh masyarakat etnis Betawi. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dengan masyarakat suku Jawa, roti ini juga dikenal dengan nama “roti ganjel rel”.

Kenalan Dengan Makanan Roti Ganjel Rel, Purworejo

Tentang Sejarah Roti Ganjel Rel

Menurut sejarahnya, roti ganjel rel, purworejo ini merupakan salah satu makanan peninggalan Belanda yang dulu pernah menjajah Indonesia. Makanan ini terinspirasi dari salah satu roti khas Belanda yang disebut “onbijtkoek”.

Roti khas Belanda yang berbahan dasar tepung, telur dengan taburan kenari tersebut dimodifikasi oleh orang Jawa dengan bahan yang lebih sederhana yaitu dari ketela. Oleh karenanya, roti ini dahulunya rasanya kurang begitu enak karena sangat keras dan lengket. Namun, seiring berjalannya waktu bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya sudah banyak dimodifikasi sehingga membuat rasanya lebih nikmat.

Roti ganjel rel, purworejo atau biasa dikenal juga dengan nama “roti gambang” dahulu terinspirasi dari bilah-bilah alat musik gambang kromong. Dahulunya, roti gambang tersebut banyak dijual di daerah Batavia (Jakarta) yang merupakan etnis Betawi. Seiring dengan berjalannya waktu, orang-orang Betawi mulai berhijrah keluar kota Jakarta sehingga lambat laun makanan ini sudah jarang ditemukan disana.

Mengenal Roti Ganjel Rel, Purworejo

Di Jawa sendiri, terutama di Jawa Tengah “roti gambang” biasa disebut dengan nama “roti ganjel rel”. Jika penyebutan “roti gambang” terinspirasi dari bentuk bilah-bilah gambang kromong, maka penyebutan roti ganjel rel terinspirasi dari bentuk lempeng bantalan rel. Salah satu roti ganjel rel yang juga cukup populer di daerah Jawa Tengah yaitu roti ganjel rel, purworejo ini.

Penyebutan “ganjel rel” merupakan penyempurnaan dari “ganjril” pada orang-orang zaman dahulu. Roti ini bukan jenis roti bertekstur lembut yang gampang dikonsumsi. Roti ini bertekstur ulet dan memiliki banyak serat sehingga baik untuk pencernaan.

Roti ganjel rel, purworejo berbentuk kotak seperti lempeng-lempeng bantalan rel kereta api. Warnanya coklat dengan taburan wijen diatas rotinya. Roti ini memiliki aroma coklat dan rempah kayu manis dengan tekstur yang ulet dan padat sehingga makan dua atau tiga potong saja maka sudah merasa kenyang. Roti ini juga cocok disantap pagi hari saat sarapan yang dipadukan dengan secangkir teh atau kopi hangat.

Di daerah Semarang, Jawa Tengah roti ini juga banyak disajikan di acara bernama Dugderan. Acara Dugderan merupakan acara yang diselenggarakan di bulan ramadhan. Masyarakat yang hadir biasanya akan berebut panganan ini karena dipercaya sebagai simbol agar kuat menjalankan ibadah puasa.

Roti ganjel rel, purworejo ini memang salah satu makanan khas yang layak dicoba apabila berkunjung ke daerah Jawa Tengah. Rasanya yang manis dan mengenyangkan cocok disantap bersama keluarga saat sarapan dan juga sebagai oleh-oleh khas dari sana.