yoursay.suara.com

Pesona Hutan Pinus Mangunan yang Sukses Curi Perhatian! Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memang terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah. Salah satu yang tidak kalah terkenal adalah hutan pinus. Berkat pesonanya, wisata alam yang terdiri dari deretan pohon pinus tersebut sukses menarik perhatian para wisatawan.

Semua Hal tentang Hutan Pinus Mangunan

Bagi Anda yang sedang ingin berlibur, maka wisata alam hutan pinus bisa masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Jika Anda belum mengetahui  objek wisata tersebut, maka simak informasinya berikut ini.

Lokasi

Hutan Pinus Mangunan atau yang dulunya dikenal dengan nama Hutan Pinus Dlingo terletak di daerah Yogyakarta. Tepatnya di Dusun Sudimoro, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Menariknya, beberapa ratus meter dari daerah tersebut terdapat Kebun Buah Mangunan.

Biaya Masuk

Pihak pengelola tidak mematok harga tiket bagi wisatawan yang ingin memasuki daerah wisata hutan pinus. Para wisatawan hanya dibebankan biaya parkir saja. Hal itu pun disesuaikan dengan jenis kendaraan yang digunakan. Dalam hal ini, Rp5 ribu untuk kendaraan roda dua, Rp15 ribu untuk mobil, dan Rp30 ribu untuk minibus.

Suasana Wisata

Pohon pinus yang terdapat di objek wisata Hutan Pinus Mangunan tumbuh rapi dan tinggi.Warnanya yang kecoklatan dan tidak ditumbuhi semak belukar menyebabkan tempat wisata ini terlihat indah. Para wisatawan pun dibebaskan untuk melakukan berbagai kegiatan. Hal itu membuat destinasi wisata ini bisa digunakan sebagai objek foto maupun sekadar sebagai tempat nongkrong.

Fasilitas

Hutan Pinus ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari ayunan, jungkat-jungkit, bangku duduk, hingga gasebo untuk bersantai. Selain itu, ada pula warung dan kamar mandi. Hal itu memungkinkan para wisatawan bisa menghabiskan waktu lama di tempat wisata ini.

Larangan

Untuk menjaga kelestarian Hutan Pinus Manganun agar terhindar dari kerusakan, maka ada sejumlah larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengunjung. Mulai dari larangan membuang sampah sembarangan, larangan bermain api, hingga larangan merokok. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya kebakaran karenan daun kering yang terdapat pada hutan sangat mudah terbakar.

Aturan Foto di Hutan Pinus Mangunan

Berkat pesonanya yang indah, hutan pinus di Yogyakarta ini sering digunakan sebagai latar foto prewedding maupun postwedding. Terkait hal itu, pihak pengelola menetapkan aturan biaya senilai Rp75 ribu untuk setiap sesi foto. Biaya tersebut pun tidak termasuk penggunaan kamar mandi untuk keperluan ganti baju hingga biaya parkir kendaraan.

Demikian pembahasan seputar Hutan Pinus Mangutan. Semoga informasi ini dapat memperluas wawasan Anda terkait destinasi wisata alam indah yang ada di Indonesia khususnya di daerah Yogyakarta.