Pantai Minajaya Sukabumi Selatan – Kabupaten Sukabumi memiliki ragam pesona alam yang sangat memukau. Dari mulai pegunungan, lembah hingga laut yang memiliki keunikan. Keindahan alam tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah daerah dengan pengelolaan yang ramah lingkungan dan tentunya mengikut sertakan masyarakat lokal.

 

Mungkin sudah tidak asing di telinga para pelancong nama Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Ujung Genteng dan Geopark Ciletuh. Namun, masih ada surga bahari lainnya yang patut Anda kunjungi atau dijadikan list destinasi wisata untuk mengisi waktu libur.

Pantai Minajaya

Pantai Minajaya, terletak masih berdekatan dengan Pantai Ujung Genteng. Hanya saja Minajaya terletak di Kecamatan Surade, sedangkan Ujung Genteng terletak di kecamatan Ciracap, hanya butuh waktu 1 jam menuju Ujung Genteng dari pantai dengan batuan karang cantik ini.

 

Bagi Anda pecinta wisata yang masih alami dan eksotis. Pantai Minajaya menawarkan pesona alam yang ciamik. Indahnya pantai dengan ombak yang bersahabat. Anak kecil pun aman berenang di pantai ini. Rimbunnya pohon Ketapang menaungi Anda dari terik matahari. Angin sepoi-sepoi membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Pantai Minajaya

Fasilitasnya pun cukup lengkap, dari mulai gazebo unik bernuansa Sunda, rumah makan dengan menu seafood yang menggoda lidah dan bisa disantap di gazebo pinggir pantai. Penyewaan alat untuk selancar, mushola, toilet, penginapan sederhana, villa dan perahu nelayan bagi yang ingin menikmati pesona laut secara langsung.

 

Untuk yang suka berkaraoke ada tempat nongkrong khusus untuk karaoke, tempat pembelian oleh-oleh juga lumayan lengkap.

Kabupaten Sukabumi

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini dari arah Jakarta via Sukabumi-Warungkiara-Surade, atau melalui Sukabumi- Jampangkulon-Surade. Dari arah Cianjur atau Bandung via Sindangbarang-Tegalbuleud-Surade. Untuk rute yang dilalui jalannya dalam kondisi baik.

 

Untuk tiket masuk hari biasa hanya 5.000 per motor atau 15.000 per mobil. Sedangkan jika hari libur per  motor 10.000 dan mobil 25 ribu. Untuk sewa gazebo 10.000. sewa penginapan berkisar 150.000 hingga 500.000 per kamar tergantung fasilitas.

 

Untuk oleh-oleh jangan khawatir, Anda bisa memilih kerajinan tangan berupa gelang, manik-manik atau kolase dari kerang. Jika Anda ingin gratis bisa memunguti kerang yang banyak berserakan di pinggir pasir pantainya yang putih. Ada juga oleh-oleh lainnya berupa gula aren, dapros, rangining, dan olahan makanan kering khas Sunda lainnya. Untuk yang mau membawa ikan sebagai oleh-oleh di sini ada tempat pelelangan ikan sebagai tempat pengumpulan ikan dari nelayan yang naik. Harganya terjangkau dan ikannya masih segar.