Mau Liburan Ala Ndeso? Yuk! Datang ke Hutan Pinus Kalilo.

sumber : jogja.tribunnews.com

Mencari destinasi liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan memang menjadi satu hal yang selalu diburu oleh orang-orang dengan keseharian yang sibuk. Bergelut dengan tugas kantor dan segala hal yang membuat kepala puyeng kerap kali membuat kita selalu ingin terlepas dari semua beban tugas.

Oleh karenanya, sesekali Anda memang butuh waktu liburan supaya hari-hari berlalu semakin menyenangkan. Nah! Salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal dengan keindahan asrinya pepohonan dan udaranya yang segar adalah sebuah Hutan yang disebut-sebut Pinus Kalilo. Omong-omong ada apa aja sih di wisata yang satu ini? Yuk! Cari tahu faktanya berikut ini.

Fakta Menarik Destinasi Wisata Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo – Dahulu Hutan Jati?

Hutan Pinus Kalilo merupakan salah satu tempat wisata alami yang bisa Anda kunjungi kala liburan. Tempat wisata yang satu ini ada di kawasan Purwojero, Jawa Tengah. Nah! Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jawa Tengah, bisa banget nih berkunjung kemari. Kalau menilik dari segi latar belakangnya sih hutan yang satu ini dahulunya bukan hutan pinus.

Melainkan hanya sekumpulan pohon jati yang menjadi hutan. Namun, karena semakin ke sini kawasan yang dikelola oleh Perhutani ini justru berkembang menjadi kawasan wisata yang dikagumi oleh banyak orang. Bahkan siapa sangka kalau tempat wisata yang termasuk masih baru berdiri ini sudah ramai dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah.

Kawasan Wisata dengan Udara yang Segar

Hutan Pinus Kalilo memang menjadi salah satu kawasan wisata yang mempunyai udara segara. Agaknya hal ini memang wajar, menimbang tempatnya yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi. Seperti yang kita tahu, karena pohon adalah salah satu makhluk hidup penghasil oksigen, maka tak heran jika berada di daerah hutan tersebut akan terasa sejuk dan segar.

Satu informasi yang sangat bermanfaat jika Anda berkunjung ke wisata yang satu ini, tempat wisatanya berada di kawasan pegunugan yang didominasi oleh hutan pinus dan hutan tropis. Memiliki ketinggian 800 Mdpl, kawasan Hutan Pinus ini memiliki tingkat kelembapan yang tergolong tinggi. Selain dari pada dengan berdiri di atas perbukitan kamu bisa melihat pemandangan indah yang ada di bawahnya.

Hutan Pinus Sebagai Kawasan Produktif

Hutan Pinus Kalilo yang kami maksudkan di sini mempunyai kawasan yang tergolong produktif. Dikatakan demikian karena selain sebagai tambah-tambah kas Karang Taruna desa Hutan Pinus berada, pepohonannya juga sering diambil getahnya. Hutan pinus yang satu ini memiliki banyak etani yang selain aktif di bidang panen getah pinusnya juga aktif mengelola pariwisata.