Liburan? Ke Wisata Goa Seplawan Aja.

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan destinasi wisata alamnya yang menarik. Tersebar di berbagai penjuru Indonesia, membentang dari Sabang sampai Merauke, pulau demi pulau menawarkan keindahan yang memukau. Tanpa terkecali wisata daerah Purworejo, Jawa Tengah ini yang patut kunjungi.

Mestinya tempat wisata memang tidak harus melulu tentang gunung atau pantai. Sebagai kaum millenal, agaknya terasa ada yang kurang kalau tidak melakukan sesuatu yang beda. Nah Salah satu wisata Goa di kawasan desa Donorejo, Kaligesing ini memang patut Anda kunjungi. Mau tahu lebih lengkapnya? Yuk! Simak penjelasan di bawah ini.

Wisata Goa Seplawan

Apa Itu Wisata Goa Seplawan?

sumber : travel.kompas.com

Wisata Goa Seplawan adalah salah satu destinasi wisata alami berupa Goa yang bisa Anda kunjungi. Selama ini mungkin Anda bosan dengan wisata yang berbau gunung atau pantai? Maka dari itu, tak ada yang salah untuk mengunjungi salah satu wisata yang terletak di Desa Bonorejo, Kecamatan Kaligesing ini. Goa yang dimaksudkan di sini adalah Goa yang ada di kawasan pegunungan.

Seperti kebanyakan Goa yang tersebar di Indonesia, Goa Seplawan juga memiliki kandungan air. Bahkan wisata ini dikategorikan sebagai destinasi wisata Goa berair. Terdapat banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati di Goa basah ini. Sekalipun beberapa tempat sudah dimodifikasi dengan ragam fasilitas yang membuat pengunjung semakin nyaman, kesan alami dari wisata yang satu ini masih dapet banget.

Rute Menuju Goa Seplawan

Misalkan Anda akan menuju wisata Goa Seplawan, maka ada beberapa rute yang harus dilewati. Pastikan pula bukan hanya memperhatikan rutenya saja, tetapi Anda juga harus siapkan mental. Bagi orang yang rentan mabuk perjalanan, bisa jadi saat melewati jalan pedesaan yang berkelok-kelok begitu rentan muntah. Oleh karenanya Anda harus persiapkan beberapa kebutuhan yang membantu nyamannya liburan.

Untuk rutenya sendiri, jika mengambil arah dari pusat kota Purworejo maka Anda bisa mengambil jalur ke arah Timur sejauh 20 km. Bergerak menuju pasar Balindono, kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan umum ke arah Seplawan. Saat berkunjung ke wisata yang satu ini mungkin ada baiknya Anda membawa kendaraan pribadi. Karena datangnya angkot juga tidak mesti, bisa sekali sehari dengan waktu pukul 10.00 – 11.00.

Keunikan Gua Seplawan

Saat berkunjung ke wisata Gua kebanyakan, mungkin kamu diharuskan mengenakan peralatan keamanan tingkat tinggi. Berbeda halnya dengan Gua lain, wisata Gua Seplawan justru sangat aman dikunjungi. Bahkan jalanan datar di dalamnya juga tidak menuntut pengunjungnya mengenakan keamanan lebih. Saat sebelum masuk ke Gua, kamu akan menjumppai patung emas setinggi 3 meter.