Liburan ke Jawa Tengah, Kulinernya Sate Winong Purworejo!

sumber : lifestyle.okezone.com

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang bukan hanya terkenal dari segi pulau-pulaunya saja, tetapi juga kulinernya yang lezat. Mengimbangi jumlah wisatanya yang tersebar luas da nada di mana-mana, kuliner Indonesia legendaris memang banyak. Salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman dulu adalah sate.

Tak aneh kalau makanan berupa daging kecil-kecil yang ditusuk lalu dibakar ini menjadi kesukaan masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas dengan siraman bumbu kacang diatasnya membuat nagih! Tentunya, liburan Anda ke Purworejo kurang lengkap jika tidak mampir ke sate Winong. Omong-omong ada apa aja sih di sate Winong legendaris ini?

Sate Winong Purworejo

Sejarah Sate Winong Purworejo

Sate winong Purworejo adalah salah satu kuliner legendaris Indonesia yang ada di kawasan Purworejo, Jawa Tengah. Hadirnya sate winong ini memang tak lepas dari sejarah zaman dulu yang membuat Sate Winong berkembang pesat diminati banyak orang seperti sekarang ini. Bermula dari Kakek Nenek Pak Mustofa yang sejak dulu sudah berkeliling jual sate tusuk.

Sampai pada Pak Mustofa yang pada akhirnya mendirikan warung Sate winong di tahun 1968, jadilah berkembang seperti warung-warung sate yang dijual di Purworejo seperti sekarang. Banyak penjual keliling sate yang menjual sate milik Pak Mustofa. Bahkan tak heran kalau warung sate yang satu ini juga ada cabangnya. Bisa Anda jumpai di Yogyakarta, misalnya.

Nah! Setiap harinya warung sate ini bisa menjual hingga 2-3 potong ekor kambing. Bahkan kala lebarang tiba, minat sate kambing ini menjadi membludak. Bisa sampai 10 ekor, hanya di hari lebarannya saja. Bagaimana? Pastinya tertarik dong ingin mencicipi sate legendaris yang satu ini. Omong-omong apa sih yang menjadi sisi unik dari sate winong purworejo ini, kok bisa sampai diminati banyak orang.

Keunikan Sate Winong Purworejo

Dilihat sekilas, betapa ramainya sate winong milik Pak Mustofa, ya! Lantas apa yang menjadi sisi membedakan sate ini dari sate yang lain? Sate winong milik Pak Mustofa mempunyai bumbu khas yang diracik sendiri. Salah satu racikan khasnya adalah kecap. Kecap menjadi bahan andalan yang digunakan untuk pelengkap cita rasa sate winong ini. Rasanya yang manis, legit bercampur daun jeruk di atasnya membuat sate winong jadi terasa segar di mulut.

Sate ini juga mempunyai irisan bawang merah pada kecapnya. Mungkin sudah sering dijumpai, tetapi hal unik lainnya dari Sate Winong Purworejo ini adalah perasan jeruk nipisnya. Sangat cocok dinikmati, terlebih tanpa ada bau prengus dari daging kambingnya. Nah! Jika Anda berkunjung ke Purworejo, mampirlah ke warung sate legendaris ini!