Instagram/ @wisatajawatengah.id

Kawah Sikidang Yang Berpindah – Pindah! Banyaknya gunung berapi di Indonesia, menjadikan Indonesia kaya akan kawah – kawah akibat dari aktivitas vulkanik gunung berapi. Termasuk juga di Dataran Tinggi Dieng, terdapat kawah vulkanik yang indah salah satunya adalah kawah sikidang yang terdapat diwilayah Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kawah Sikidang berada di ketinggian 2000 mdpl, meskipun berada diketinggian namun bentangan alam di kawah sikidang merupakan tanah datar. Sehingga  menjadikan kawah ini banyak dikunjungi wisatawan karena mudah dicapai. Mereka dengan leluasa melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara.

Konon karena kawah ini memiliki celah gas dengan titik – titik yang selalu berpindah – pindah ditanah seluas 4 hektar ini menjadikan penduduk desa menamakannya dengan nama Kawah Sikidang yang berarti kidang ( kijang ) yang melompat – lompat.

Disini pengunjung dapat melihat aktifitas vulkanik dari dekat, semburan lumpur belerang, asap dari kawah besar maupun kawah kecil yang banyak terdapat di area kawah sikidang, bahkan kita juga bisa merebus telur dikawah tersebut. Untuk bisa merebus telur anda bisa membeli di pedagang sekitar kawah. Cara merebusnya cukup mudah. Anda cukup membungkus telur dengan plastic, kemudian ikat pada batang kayu sebagai kail, masukkan di kawah selama 5 menit.  Meskipun dari dekat, tetap aman karena ada pagar pembatas yang tidak bisa dilalui oleh pengunjung. Karena luas wilayahnya yang besar, kita bisa menyewa kuda untuk berkeliling disekitar sawah. Bahkan ada persewaan motor trail apabila anda punya nyali dan untuk memacu adrenalin mengendarai kendaraan bermotor di sekitar kawah yang berkontur terjal ini.

Kawah Sikidang Dieng

Apabila anda suka berfoto, terdapat spot foto yang dilengkapi dengan burung hantu, kuda, wayang orang dan lain – lain dengan membayar 5.000 / spot foto.

Karena kawah Sikidang ini berdekatan dengan komplek candi arjuna, untuk memasuki kawasan wisata Sikidang cukup membayar tiket masuk Rp. 15.000 termasuk dengan tiket masuk ke candi arjuna. Untuk mencapai kawah Sikidang bisa melalui jalur Wonosobo kemudian menuju kawasan Dieng.