Buah Tangan Jajanan Khas Jawa Tengah yang Paling Dikenal! Mendekati lebaran, biasanya banyak para perantau yang memanfaatkan hari libur untuk pulang ke daerah asalnya. Di perjalanan pun seringkali ditemui banyak sekali buah tangan yang ditawarkan, terutama yang pulang menggunakan kereta dan bus.

Daftar Buah Tangan Jajanan Khas Jawa Tengah yang Paling Dikenal

Jawa Tengah adalah bagian dari salah satu pulau terbesar di Indonesia. Selain dikenal dengan sejarahnya yang kental, seperti adanya bentuk pra sejarah sebuah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Jawa Tengah juga memiliki jajanan khasnya. Dari banyaknya daerah yang ada di Jawa Tengah, beragam juga buah tangan yang bisa dijumpai di provinsi ini. Jika melewati provinsi ini, banyak sekali toko-toko yang menyediakan buah tangan khas Jawa Tengah.

Buah Tangan Jajanan Khas Jawa Tengah: Lumpia Khas dari Kota Semarang

lumpia semarang

Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang bertepatan di Provinsi Jawa Tengah. Lumpia merupakan buah tangan jajanan khas Jawa Tengah khsususnya dari Kota Semarang. Makanan ini mirip dengan rolade dengan isian rebung, telur orek, serta daging ayam ataupun udang. Rasanya merupakan perpaduan antara rasa Tionghoa dan Indonesia dengan tekstur yang renyah di bagian kulit luar dan sangat cocok dimakan bersamaan dengan saus.

Jajanan Roti Ganjel Rel

roti ganjel rel

Buah tangan ini juga berasal dari Kota Semarang yang cukup terkenal. Roti ini memiliki rasa yang cukup khas karena dibuat dari tepung tapioka dengan campuran kayu manis dan juga santan. Roti ini memiliki tekstur yang sedikit keras dengan warna cokelat yang sedikit gelap yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Sehingga roti ini dinamai dengan roti ganjel rel. yang menjadi ciri khas dari roti ini adalah taburan wijen yang menyeluruh di permukaan roti.

Jajanan Wingko Babat yang Melegenda

wingko babat

Bagi yang sering ke Jawa Tengah dengan menggunakan kereta api ataupun bus, pasti akan sering berjumpa dengan buah tangan jajanan khas Jawa Tengah yang satu ini. Wingko babat merupakan sejenis jajanan kue yang dibuat dari campuran bahan tepung beras ketan, gula dan parutan kelapa muda. Bentuk dari wingko ini biasanya bulat, namun juga ada yang berbentuk kotak atau persegi panjang yang biasanya dibungkus sebuah kertas.

Banyak yang mengira bahwa kue wingko ini berasal dari Semarang, namun sebenarnya kue ini berasal dari daerah Babat. Daerah Babat sendiri adalah daerah kecil yang berada di Lamongan Jawa Timur. Namun sekarang ini, wingko adalah merupakan jajanan yang terkenal di Semarang dan juga Babat dengan perbedaan merek dan ukuran yang dijualnya.

Itulah beberapa buah tangan jajanan khas Jawa Tengah yang wajib sekali dicoba jika berkunjung ke provinsi ini. Selain berwisata kuliner, dengan mencoba setiap jajanan khas ini juga bisa sekalian mengenal jajanan-jajanan khas yang ada di Jawa Tengah dan asal kotanya.