3 Kuliner Khas Kuningan, Bikin Ngiler dan Pengen Nambah Terus – Sebagai kabupaten yang terletak di kaki gunung Ciremai, Kuningan memiliki suhu udara yang cukup dingin dan sejuk. Selain itu Kuningan memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan asri. Semua itu membuat Kuningan terkenal juga akan destinasi wisata alamnya.

 

Makanan khas atau kuliner di suatu daerah merupakan simbol dan ciri khas daerah, begitu pula Kuningan.  Oleh karenanya, suasana yang sejuk dan dingin di Kuningan, membuat makanan khas daerah ini pun punya cita rasa pedas dan dapat menghangatkan tubuh. Jadi, kalau Anda berkunjung ke kabupaten Kuningan Jawa Barat, jangan pernah lupa untuk mencicipi beberapa kuliner berikut ini.

 

3 Kuliner Khas Kuningan

Percaya atau tidak beragam kuliner khas Kuningan ternyata mampu menggoyang lidah para penikmatnya. Baik warga lokal Kuningan maupun para wisatawan yang datang berkunjung ke Kuningan. Apa saja kuliner khas daerah ini yang mampu membuat Anda ketagihan dalam mencicipinya? Yuk simak ulasannya.

 

Kupat Tahu

Sumber : Pinterest.id

Kupat tahu atau yang lebih dikenal dengan Hucap adalah makanan khas Kuningan yang memiliki cita rasa gurih, pedas dan manis. Terdiri dari tahu, ketupat dan kecap ditambahbbumbu kacangnya yang sedikit pedas dan gurih, membuat makanan ini menjadi favorit dan biasa disajikan untuk menu sarapan atau makan siang.

 

Peyeum Ketan Kuliner Khas Kuningan

Sumber : cookpad.com

Peyeum Ketan sebagai salah satu kuliner khas Kuningan memiliki cita rasa manis dan dapat menghangatkan tubuh. Terbuat dari beras ketan putih yang difermentasi, kuliner ini diolah dengan cara dibungkus oleh daun jambu dan diberi tambahan daun katuk sebagai pewarna hijau alami dan agar tekstur ketan tidak mudah berair jika telah matang. Selanjutnya beras ketan yang telah dibungkus daun jambu dikukus hingga matang.

 

Nasi Kasreng

Nasi Kasreng bisa dikatakan hampir sama dengan nasi kucing yang berada di Yogyakarta. Hanya saja yang menjadi ciri khas dari nasi Kasreng ini adalah udang rebon yang menjadi taburan nasinya ditambah dengan sambal dan lalapan. Membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes, apalagi saat memakannya. Anda tidak akan cukup memakan 1 bungkus nasi saja, tetapi mungkin bisa lebih dari 2 sampai 3 bungkus nasi Kasreng.

 

Nah, itu tadi 3 kuliner khas Kuningan yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Kuningan. Sebenarnya ada masih banyak lagi makanan khas di Kuningan yang bisa Anda cicipi. Jadi, bagi Anda yang penasaran, jangan ragu untuk datang ke Kuningan dan menikmati beragam makanan khasnya ya.