Ke Kota Pahlawan? Jangan Lewatkan 4 Objek Wisata Bersejarah Ini

Banyak kota di Pulau Jawa yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu menghabiskan waktu liburanmu, tidak terkecuali ibu kota Provinsi Jawa Timur. Selama ini Surabaya dikenal sebagai kota besar yang penuh dengan pusat perbelanjaan modern. Namun selain itu, nyatanya untuk jalan-jalan, Surabaya pun menyajikan beragam tempat wisata menarik yang akan membuat liburanmu kian seru.

Kerap disebut sebagai Kota Pahlawan karena bersejarah ketika para pemuda melakukan pertahanan dan penolakan terhadap agresi Belanda, tidak bisa disangkal banyak tempat bersejarah yang bisa kamu sambangi ketika berkunjung ke kota yang dikenal dengan matahari menyengatnya ini. Saking banyaknya, kamu bahkan bisa-bisa bingung hendak mengunjungi objek mana terlebih dahulu begitu tiba di Surabaya.

Kunjungi Juga :Lokasi dan Rute Menuju Bukit Janggan Sekitran Magetan

Nah, daripada kebingungan hendak menyambangi objek wisata sejarah mana dulu ketika berlibur ke kota ini, ada baiknya kamu mulai menyusun skala prioritas sebelum berkunjung. Hal ini dapat menjadi persiapan penting selain mencari tiket kereta dari Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya guna perjalananmu. Lagipula, untuk urusan kereta api yang hendak kamu naiki, kamu bisa beli tiket KA Jakarta Surabaya di situs Traveloka sehingga tidak sulit lagi. Hanya saja untuk masalah prioritas kunjungan, kamu mungkin perlu mempertimbangkan empat tempat wisata bersejarah di bawah ini.

  1. Jembatan Merah

Jembatan Merah Surabaya, Wisata Sejarah Yang Wajib Dikunjungi

Jembatan Merah Surabaya, Wisata Sejarah Yang Wajib Dikunjungi

Jembatan yang satu ini tidak hanya tersohor di Kota Surabaya, melainkan juga di berbagai penjuru Nusantara. Kepopuleran Jembatan Merah ini karena pada masa lampau, tempat ini menjadi lokasi pertumpahan darah dari peperangan antara VOC dengan para pemuda Surabaya. Di Jembatan Merah juga, salah satu petinggi VOC, Brigjen Mallaby terbunuh hingga suasana kota semakin panas. Sebelum dijadikan lokasi pertempuran, awalnya Jembatan Merah sendiri adalah lokasi berjualan para pedagang dari berbagai etnis di Surabaya. Tidak hanya sarat sejarah, pagar jembatan yang berwarna merah terang membuang objek wisata yang satu ini sangat Instagramable sehingga cocok menjadi objek foto yang keren.

  1. Tugu Pahlawan

Belum afdal namanya jika ke Surabaya tanpa sempat mengunjungi objek wisata yang satu ini. Makanya ketika kamu turun dari kereta api, usahakan untuk segera menuju ke Tugu Pahlawan, ya. Bukan sembarang tugu, tempat yang satu ini merupakan monumen peringatan akan pertempuran pada 10 November 1945. Saat itu merupakan pertempuran pertama Indonesia terhadap pihak asing setelah masa kemerdekaan. Berada di Jalan Tembaan, tugu ini sangat mudah menarik perhatian karena berbentuk barisan paku terbalik yang memiliki ketinggian hingga 40,45 meter. Terdapat juga hiasan gambar berupa cakra dan padma yang seakan menandakan perjuangan para pahlawan akan tetap diteruskan hingga kapanpun. Sangat menarik untuk dikunjungi, bukan?

  1. Monumen Kapal Selam

Ide lain berwisata sejarah di Surabaya adalah cobalah untuk segera melipir ke sekitar Sungai Kalimas begitu turun dari kereta api. Di sana terdapat sebuah museum unik yang bernama Monumen Kapal Selam. Sesuai namanya, bentuk dari museum ini menyerupai kapal selam raksasa. Di dalamnya sendiri tersaji beragam kendaraan perang kelautan, mulai dari tank hingga kapal selam. Dengan kemegahannya yang luar biasa ini, tak perlu heran jika akhirnya Monumen Kapal Selam dinobatkan sebagai monumen kapal terbesar di Asia. Kalau sudah begini, pasti bangga dong rasanya bisa menjejakkan kaki di objek wisata sejarah Surabaya yang satu ini.

  1. Monumen Jenderal Soedirman

Kamu pasti sudah tidak asing dong dengan pahlawan nasional yang satu ini? Jadi, tidak perlu heran juga kalau kamu menemui patung besarnya ada di Kota Surabaya. Monumen Jenderal Soedirman yang dibangun pada tahun 1970 ini memang ditujukan untuk mengenang dan menghormati jasa Jenderal Soedirman yang berhasil memukur mundur tentara hingga ke Ambarawa pada masa silam. Ditampilkan dalam seragam Pembela Tanah Air (PETA) lengkap dengan sepatu bootsnya, kamu pastinya akan menarik perhatian ketika berfoto di depan monumen ini. Dapat sejarahnya, kamu pun bisa dapat likes banyak ketika mengunggah fotomu di depan monumen ini di media sosialmu.

Nah, sudah tahu bukan tempat-tempat bersejarah apa saja di Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan. Dijamin, setelah pulang dari Surabaya, jiwa nasionalisme milikmu dapat makin terasah!

Add Comment