Kawah Putih Ciwidey: Dulu Misterius, Kini Bikin Gagal Fokus!

Kadang-kadang, keberanian menyibak misteri bikin kita menemukan harta karun. Nggak percaya?

Dulu, di sekitar Kota Bandung ada sebuah hutan rimbun yang dipercaya sangat angker. Jangankan manusia, hewan pun nggak ada yang berani melintas di hutan ini. Konon katanya, hutan ini menjadi tempat bermukim makhluk gaib yang sangat menakutkan. Burung pun banyak yang mati saat tersasar ke dalam hutan ini, lho. Serem, ya?

Namun, pada tahun 1837, seorang ilmuwan gagah berani dari Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn penasaran untuk membongkar misteri ini.  Nggak disangka, ternyata beliau malah menemukan sebuah fakta yang mengejutkan. Sepinya binatang dan matinya burung-burung di hutan ini ternyata bukan disebabkan oleh gangguan makhluk gaib. Di tengah hutan misterius ini, Dr. Junghuhn menemukan sebuah kawah yang menakjubkan dengan kandungan lava belerang. Ternyata kawah belerang inilah yang menyebabkan burung-burung mati saat melintas.

Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Putih Bandung

Misteri yang sudah lama mengakar dalam keyakinan penduduk ini akhirnya terpecahkan. Sejak saat itu, kawah putih yang ditemukan oleh Dr. Junghuhn mulai ramai dikunjungi orang. Kawah ini sekarang dikenal sebagai tempat wisata Kawah Putih Ciwidey. Lokasinya berada sekitar 46 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Selain pemandangan kawah putih yang unik, tempat wisata Kawah Putih Ciwidey juga memiliki kandungan belerang yang melimpah. Tak heran, dulu pemerintah penjajah Belanda pernah mendirikan pabrik belerang di sekitar daerah ini. Pabrik belerang itu dinamai Zwavel Ontgining Kawah Putih.

Tempat wisata Kawah Putih Ciwidey terbentuk karena letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan abad ke-11. Kalau kamu mendekat ke area kawah putih ini, kamu akan melihat bentukan serupa danau dengan air berwarna putih susu. Ajaibnya, warna putih ini bisa berubah menjadi cokelat, hijau kebiruan, bahkan warna hijau muda yang cerah. Perubahan warna ini terjadi karena adanya pantulan sinar matahari di permukaan kawah. Biasanya kawah ini juga dilingkupi oleh kabut tebal yang sewarna dengan putihnya kawah. Keren!

Serius, deh. Cuma melihat foto tempat wisata Kawah Putih Ciwidey saja bisa bikin gagal fokus. Apalagi kalau kamu datang langsung ke sini. Bisa-bisa kamu nggak mau pulang karena terlalu sibuk menjepret foto. Dijamin memori kameramu akan penuh saking asyiknya kamu bergaya dengan latar belakang kawah putih yang menakjubkan.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat. Tempat wisata Kawah Putih Ciwidey ini punya kandungan belerang yang sangat tinggi. Kalau paru-paru dan indera penciumanmu sensitif, lebih baik kamu menggunakan masker saat berkunjung ke sana. Berada di tempat wisata Kawah Putih Ciwidey selama 15 menit sudah cukup kok untuk menjawab rasa penasaranmu. Beda lagi kalau kamu memang tahan dengan bau belerang. Silakan puas-puaskan, deh. Tempat wisata Kawah Putih Ciwidey ini buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Kawah Putih Ciwidey, kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp18.000 saja. Harga ini tetap sama untuk hari libur dan hari biasa. Kawah putih yang keren ini berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey, Jawa Barat. Kalau kamu berangkat dari Jakarta, kamu tinggal mengikuti jalan hingga mencapai Pintu Tol Kepo, kemudian lanjutkan perjalananmu menuju Ciwidey.

Nah, bagaimana? Tempat wisata yang dulunya dibilang misterius ini sekarang bisa bikin kamu gagal fokus.

Satu pesan sebelum kamu mencari tiket pesawat murah ke Jawa Barat, kalau sudah sampai ke Kawah Putih Ciwidey, jangan lupa pulang ya! Hati-hati, kawah putih yang satu ini memang bisa bikin kamu tersihir dengan keindahannya.

Yuk, berangkat liburan sekarang!

Add Comment