10 Obyek Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Kota yang berbatasan dengan propinsi Jawa Tengah bagian selatan ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia setelah Bali. Setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat, tak heran jika setiap tahun banyak muncul spot atau tempat wisata baru. Meski sudah bermunculan tempat-tempat wisata baru di Jogja, namun ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tempat wisata tersebut bahkan menjadi land mark Yogyakarta, serasa tak lengkap atau tak berkunjung ke Jogja jika belum mengunjungi tempat tersebut. Lantas mana saja tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi oleh traveler? Berikut ini ada 10 tempat yang menjadi favorit pengunjung :

  1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro, Wisata Jogja yang wajib dikunjungi

Jalan Malioboro, Wisata Jogja yang wajib dikunjungi

Sumber : wikipedia

Jalan Malioboro merupakan pusat oleh – oleh khas Yogyakarta. Di sepanjang jalan, Anda dapat menjumpai berbagai souvenir khas mulai dari batik, kaos, blangkon, kerajinan tangan, sandal, hingga bakpia patok dan yangko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta. Anda dapat menikmati kelezatan nasi gudeg yang memang telah menjadi kuliner wajib di Yogyakarta. Untuk minumannya, Anda dapat menikmati es dawet yang menawarkan rasa legit dari gula merah dan dipadukan dengan kental dan gurihnya santan kelapa.

  1. Goa Jomblang

Goa yang terletak di Gunung Kidul ini memiliki sebuah hutan purba di dalamnya. Jika berkunjung ke Goa Jomblang pada jam 10 hingga 12 siang, maka Anda akan dapat melihat cahaya yang menembus goa atau sering disebut sebagai cahaya surga.

  1. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo merupakan tempat wisata arung jeram yang paling cocok untuk keluarga dan pemula karena arusnya tidak berbahaya. Arung Jeram Citra Elo juga bisa dimainkan kapan saja, baik saat musim hujan maupun kemarau.

Kunjungi Juga: Lokasi dan rute menuju Pintu Langit Dahromo Yang Lagi Hits di Instagram

  1. Keraton Yogyakarta

Obyek wisata Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan yang sangat bersejarah dari kesultanan Yogyakarta yang merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Di sini, Anda dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno serta melihat berbagai koleksi milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang di Yogyakarta ini memiliki banyak koleksi hewan yang berasal dari berbagai tempat di dunia. Di sini, Anda dapat melihat dan berinteraksi dengan beragam jenis hewan serta bermain di sejumlah wahana permainan seperti kolam tangkap ikan, ATV, sepeda air, menunggang gajah, perahu kayuh, menunggang onta, dan lain sebagainya.

  1. Gunung Merapi

Gunung yang berada di sekitar Yogyakarta ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi para pecinta alam untuk melakukan pendakian dan menikmati pemandangan matahari terbit di puncaknya. Untuk memasuki kawasan Gunung Merapi, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 3,000 Rupiah per orang.

  1. Candi Borobudur

Candi Buddha terbesar di dunia yang telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang paling terkenal di sekitar DIY dan Jateng. Meski secara admisnistratif terletak di wilayah Kabupaten Magelang (Propinsi Jawa Tengah) namun dalam promosinya selalu dikaitkan dengan Yogyakarta. Sehingga orang awam tahunya Candi Borobudur terletak di Jogja. Tak hanya menyuguhkan bangunan megah berupa stupa yang tertata rapi dalam 7 teras utama, Candi Borobudur juga menceritakan perjalanan Budha dalam mencapai surga (nirwana) yang terlukis apik di reliefnya. Di kompleks ini juga terdapat dua museum yakni Museum Samudera Raksa yang berisi berbagai koleksi serta informasi tentang sejarah perdagangan Asia – Afrika dan Museum Karmawibhangga yang menyimpan informasi terkait pembangunan Candi Borobudur.

  1. Istana Air Taman Sari

Wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Taman Sari. Istana yang berada di Jalan Taman, Yogyakarta dulunya adalah tempat rekreasi untuk keluarga kerajaan serta sebagai benteng pertahanan yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 – 1765. Bangunan seluas 10 hektar ini memiliki 57 bangunan, yang terdiri dari danau buatan, kompleks kolam pemandian, jembatan gantung, pulau buatan, taman, kanal air, lorong bawah tanah, serta sejumlah gedung dengan arsitektur Eropa, Jawa, China,  Buddha, Hindu, dan Islam.

  1. Candi Prambanan

Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini dikelilingi oleh relief yang bercerita tentang kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi yang berjarak 17 KM dari pusat kota Yogyakarta ini sangat mudah dicapai baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai yang berjarak sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta ini memiliki karakteristik ombak yang cukup besar dan kuat, serta pemandangan matahari terbenam yang tak kalah cantik dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Hal menarik lainnya yang ada di sekitar Pantai Parangtritis yakni adanya gumuk atau gundukan pasir yang merupakan satu – satunya di Asia Tenggara.

Itulah 10 tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jogja tak perlu khawatir karena sudah banyak tersedia penginapan dan Hotel di Jogja. Untuk harga terbaiknya, Anda bisa coba di Airy Rooms. Tenang saja, walau pun harganya murah, namun fasilitas yang disediakan di kamar sangat memadai. Mulai dari AC, peralatan mandi, sampai snack ringan bisa Anda nikmati.

Airy Room

Airy Room

Jadi, kapan mau ke Jogja?

Add Comment